Hi Share Buddy! Ketika memakai Share Car, tentunya semua pengemudi turut wajib mematuhi segala peraturan lalu lintas yang berlaku. Agar tidak terjadi kecelakaan fatal serta penindakan tilang yang dilakukan oleh petugas kepolisian.

Sebagai aplikasi self-drive Share Car juga menerapkan sistem denda khusus sebagai bentuk perhatian agar kamu lebih berhati-hati berkendara . Baik jika kamu terkena tilang dari petugas maupun tilang elektronik yang sudah berlaku sejak bulan Maret 2021 lalu.

Khusus tilang elektronik sendiri, mengacu pada 10 pelanggaran umum yang ditetapkan. Namun bagi pengendara sewa mobil Share Car, setidaknya kamu perlu mengetahui tindakan pelanggaran yang dapat dijerat oleh tilang elektronik berikut ini:

  1. Pelanggaran Ganjil Genap

Misalnya seperti mengendarai mobil dengan plat nomor akhiran ganjil saat waktu plat nomor genap sedang berlaku. Sebagai pelanggan Share Car, kamu sebenarnya tidak perlu khawatir terhadap aturan ini. Di beberapa lokasi tertentu, aplikasi Share Car menyediakan mobil dengan plat ganjil dan genap.

  1. Pelanggaran Marka Jalan

Contohnya seperti berbelok di saat marka jalan tidak menunjukkan garis terputus. Jadi selalu perhatikan marka jalan agar tidak menyebabkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain.

  1. Pelanggaran Traffic Light

Menorobos lampu merah sangat berbahaya. Hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan fatal dan juga merugikan orang lain. Lebih baik bersabar, agar sampai di tempat tujuan dengan selamat.

  1. Pelanggaran Menggunakan Ponsel Saat Berkendara

Kalau kamu memang harus menjawab panggilan mendadak, sebaiknya tepikan kendaraan di tempat yang disediakan untuk berhenti sejenak. Tindakan ini jauh lebih aman agar kamu tidak kehilangan fokus saat berkendara.

  1. Pelanggaran Tidak Menggunakan Sabuk Pengaman

Biasakan untuk menggunakan sabuk pengaman sejak awal berkendara. Sikap berhati-hati ini setidaknya dapat mencegah diri kamu terhindar dari bahaya jika terjadi kecelakaan yang cukup fatal.

  1. Pelanggaran Melawan Arus

Memutar dan memilih jalan lain yang cenderung aman tidak masalah. Ingat yang terpenting kamu tetap dapat sampai tujuan dengan selamat.

 Itulah tadi beberapa pelanggaran yang dapat di-capturelangsung oleh tilang elektronik. Bila kamu melanggar Share Car akan menginfokan kurang lebih 2 bulan sejak pihak Share Car menerima tagihan denda tilang dari Polda Metro Jaya.

Pengguna wajib membayar biaya administrasi Share Car untuk penanganan tilang sebesar Rp250.000 kemudian ditambah dengan denda yang ditetapkan oleh Polda Metro Jaya. Waktu pembayaran denda maksimal 3 hari setelah pengguna mendapatkan informasi dari tim Share Car.

Informasi seputar denda pada aplikasi Share Car dapat kamu lihat disini.

Tetap hati-hati saat berkendara yaa Share Buddy~

TOP