Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Pemohon setuju untuk terikat oleh persyaratan dan ketentuan keanggotaan berikut:

  1. Definisi Umum
    Dalam perjanjian ini digunakan beberapa istilah, “Buku Manual” berarti buku pegangan anggota yang dapat diubah sewaktu waktu oleh Share Car yang merupakan bagian integral dari Perjanjian ini. “Anggota” berarti pemohon yang telah mendaftarkan diri dan telah diverifikasi oleh Share Car. "Share Car" adalah unit bisnis PT Adi Sarana Armada Tbk. "Kendaraan" berarti kendaraan bermotor yang disewakan kepada Anggota oleh Share Car berdasarkan Perjanjian ini.
  2. Registrasi Anggota
    • Anggota wajib melakukan pengisian form registrasi dengan informasi dan data diri anggota yang dapat dijamin & dipertanggungjawabkan atas kebenaran dan keaslian oleh Anggota.
    • Anggota berusia minimal 21 tahun dan memiliki SIM A yang sudah berlaku minimal 1 tahun.
    • Anggota wajib melakukan pembaruan SIM A pada aplikasi ataupun portal Share Car sebelum SIM tersebut habis masa berlakunya.
    • Anggota hanya diperbolehkan memiliki satu user ID.
    • Anda menyatakan bahwa Anda memiliki kapasitas mental dan fisik untuk mengemudilan kendaraan bermotor secara kompeten, aman dan sesuai peraturan lalu lintas yang berlaku.
    • Pemegang SIM yang sudah kedaluwarsa, ditangguhkan, dibatalkan atau SIM hilang atau dicuri tidak memenuhi syarat menjadi Anggota. Anggota dengan kondisi tersebut diatas tidak lagi memenuhi persyaratan menjadi anggota dan juga tidak memenuhi persyaratan untuk pertanggungan asuransi dan bertanggung jawab atas hukuman yang mungkin dijatuhkan oleh otoritas terkait.
    • Anda mengetahui, memahami dan menyetujui bahwa dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Share Car, tidak secara otomatis membuat Anda menjadi anggota Share Car. Persetujuan atas aplikasi Anda untuk menjadi anggota Share Car adalah sepenuhnya keputusan dari Share Car. Keputusan mengenai status keanggotan Anda akan diinformasikan melalui surat elektronik.
    • Share Car berhak menolak keanggotaan Anda atau menghentikan layanan Share Car kepada Anggota kapan saja apabila Anggota ditemukan berpotensi merugikan Share Car dan Share Car tidak diharuskan untuk menjelaskan alasan penghentian layanan dan atau pencabutan keanggotaan ini.
  3. Pemesanan Kendaraan
    • Anggota harus melakukan pemesanan kendaraan terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan kendaraan dengan menentukan hari, tanggal, waktu dan lokasi pengambilan kendaraan.
    • Satu anggota hanya bisa melakukan pemesanan 1 kendaraan pada satu waktu yang bersamaan.
    • Share Car berhak untuk mengenakan biaya pada Anggota yang batal menggunakan kendaraan baik disengaja maupun tidak disengaja. Aturan dan besarnya biaya pembatalan tertera dalam aplikasi dan atau portal.
    • Share Car tidak bertanggung jawab atas konsekuensi yang ditimbulkan (gagal meeting, ketinggalan pesawat, dsb) yang dialami oleh Anggota sehubungan dengan kegagalan pemesanan kendaraan dan atau hal lain seperti mogok, kerusakan mesin dan lain sebagainya yang menghambat perjalanan anggota.
  4. Pembayaran
    • Tarif sewa kendaraan yang berlaku dapat ditemukan saat anggota melakukan pemesanan kendaraan atau setelah selesai menggunakan kendaraan. Tarif sewa dapat terhitung berdasarkan durasi sewa dan atau berdasarkan jarak(kilometer), dan atau destinasi (point to point).
    • Anggota setuju untuk melakukan pembayaran secara penuh atas sewa kendaraan yang telah digunakan.
    • Pembayaran dapat dilakukan melalui kartu kredit dan/atau saldo pada aplikasi atau bentuk pembayaran lainnya yang diatur oleh Share Car.
    • Data informasi kartu kredit anggota yang telah dicantumkan pada aplikasi bersifat rahasia.
    • Biaya pemakaian kendaraan yang dikenakan mencakup pajak yang berlaku.
  5. Kepemilikan Kendaraan
    • Semua kendaraan termasuk semua aksesori, peralatan, kunci, ban cadangan, dokumen (STNK, kartu parkir, kartu pertamina retail, dsb) dan perlengkapan pendukung lainnya adalah milik Share Car dan Anggota tidak diperbolehkan untuk melepaskan, memindahkan, menukar, memodifikasi, mengambil kelengkapan tersebut.
    • Anggota tidak diperbolehkan dan tidak berhak menggadaikan atau menjaminkan kendaraan Share Car atau memindahtangankan kepemilikan kendaraan Share Car kepada orang lain.
  6. Aturan Pemakaian dan Pengunaan
    • Anggota harus mengendarai dan menggunakan Kendaraan dengan baik dan aman, mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku dan mengendarai di area geografis yang ditentukan oleh Share Car.
    • Anggota tidak diperbolehkan atau mengizinkan orang lain untuk mengemudikan kendaraan. Anggota tidak boleh menggunakan atau mengoperasikan kendaraan atau mengizinkan siapapun untuk menggunakan kendaraan untuk (i) tujuan ilegal (ii) membawa bahan berbahaya atau berpotensi membahayakan seperti bahan peledak, petasan/kembang api, zat kimia berbahaya (iii) di bawah pengaruh alkohol, zat memabukkan dan menggunakan atau membawa obat terlarang (iv) hal-hal yang berbahaya atau dapat menimbulkan risiko termasuk kerusakan, pencurian dan vandalisme atau (v) yang umumnya melanggar undang-undang di wilayah hukum yang berlaku.
    • Anggota tidak boleh menggunakan Share Car untuk belajar mengemudi mobil atau mengajarkan orang lain untuk belajar mengemudi mobil.
    • Anggota bertanggung jawab sepenuhnya atas semua biaya (termasuk biaya perbaikan kendaraan atau ganti rugi kendaraan seluruhnya) yang timbul dari pelanggaran pasal yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    • Anggota bertanggung jawab atas STNK kendaraan, kunci mobil (khusus pada mobil yang belum menggunakan start engine), kartu parkir dan kartu pertamina selama masa pemesanan kendaraan. Jika terdapat kehilangan maka biaya menjadi tanggung jawab Anggota.
    • Share Car berhak mengambil alih atau menonaktifkan kendaraan yang akan atau sedang digunakan oleh Anggota manapun jika Share Car berpendapat bahwa Anggota memiliki risiko untuk melakukan penyalahgunaan kendaraan.
    • Share Car berhak mengambil gambar atau video pada kendaraan melalui kamera pengawas yang akan digunakan untuk kepentingan keamanan anggota maupun kendaraan.
  7. Pemeriksaan Kendaraan
    • Anggota harus memeriksa eksterior dan interior kendaraan sebelum dan sesudah menggunakan kendaraan.
    • Jika pada saat pengecekan, Anggota menemukan kerusakan, cacat atau kondisi kendaraan kotor maka Anggota wajib melaporkan ke Share Car dengan menggunakan fitur yang tersedia pada aplikasi sebelum atau sesudah menggunakan kendaraan. Jika tidak ada laporan maka dianggap bahwa kendaraan dalam kondisi baik dan bebas dari kerusakan dan apabila kemudian ditemukan adanya kerusakan, maka biaya kerusakan tersebut menjadi tanggung jawab Anggota.
    • Jika kerusakan ditemukan setelah perjalanan Anda dan Anda tidak dapat memberikan foto yang menunjukkan bahwa hal tersebut tidak terjadi selama perjalanan Anda, Anda bertanggung jawab atas biaya perbaikan dan atau biaya asuransi atas kendaraan tersebut.
  8. Pengembalian Kendaraan
    • Anggota harus mengembalikan kendaraan sesuai dengan lokasi dan waktu yang disepakati pada saat pemesanan. Biaya keterlambatan akan dikenakan apabila kendaraan terlambat dikembalikan dari waktu yang disepakati.
    • Jika kendaraan dikembalikan dalam kondisi tidak memuaskan dan membutuhkan pekerjaan perbaikan atau pembersihan di luar perawatan rutin, maka Anggota harus mengganti biaya perbaikan tersebut.
  9. Asuransi & Penggunaan Kendaraan
    • Share Car akan memberikan polis asuransi kendaraan bermotor berkenaan dengan kendaraan yang dioperasikan. Apabila terjadi klaim asuransi karena kesalahan dan kelalaian Anggota, maka biaya “on risk” menjadi tanggung jawab Anggota. Demikian pula apabila biaya kerusakan melebihi batas perlindungan asuransi (excess) maka biaya tersebut menjadi tanggung jawab Anggota. Salinan polis asuransi tersedia untuk diperiksa di kantor Share Car atas permintaan.
    • Anggota bertanggung jawab penuh atas kehilangan atau kerusakan kendaraan jika kendaraan tidak digunakan atau dioperasikan sesuai dengan ketentuan polis asuransi tersebut dan/ atau standar penggunaan kendaraan.
    • Anggota memahami dan setuju bahwa pertanggungan asuransi tidak melindungi Anda dalam kasus-kasus berikut namun tidak terbatas pada:
      • Menyerahkan akun Share Car kepada orang lain dan mengizinkan orang lain untuk mengemudikan Share Car selain Anggota;
      • Menggunakan Share Car dengan SIM tidak valid;
      • Menggunakan Share Car di bawah pengaruh alcohol dan atau obat-obatan;
      • Menggunakan Share Car di luar zona operasional yang ditentukan;
      • Menggunakan Share Car untuk balapan, demonstrasi, uji coba, dan hal lainnya yang dianggap tidak sesuai dan melanggar ketentuan Share Car.
      • Membuat akun dengan data palsu di aplikasi Share Car.
    • Share Car berhak melakukan pembaharuan terhadap asuransi kendaraan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dulu kepada Anda.
  10. Pelaporan Kerusakan, Kecelakaan & Pencurian
    • Anggota harus melaporkan kerusakan, kecelakaan, dan pencurian kendaraan kepada polisi dan Share Car dalam jangka waktu yang ditentukan oleh Share Car.
    • Anggota wajib memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi, penyelidik, asesor, dan pengacara dari Asuransi Kendaraan.
    • Share Car memiliki hak untuk mengenakan biaya pekerjaan perbaikan dan administratif yang terjadi jika Anggota tidak melaporkan kerusakan, kecelakaan, pencurian langsung ke Share Car.
  11. Menjaga Level Bahan Bakar
    • Anggota diharapkan mengisi tangki bahan bakar kendaraan apabila indikator level bahan bakar sudah tersisa ¼ tangki (25%) atau di bawahnya sesuai dengan prosedur Share Car.
    • Anggota harus melakukan pembelian bahan bakar menggunakan kartu BBM yang disediakan, dan kartu BBM hanya digunakan untuk kendaraan Share Car saja.
  12. Parkir & Pelanggaran Lalu Lintas
    Anggota bertanggung jawab penuh dan menanggung semua biaya atas semua pelanggaran lalu lintas / parkir dan denda yang timbul dari penggunaan dan atau pengoperasian kendaraan.
  13. Biaya dan Tanggung Jawab lainnya dari Anggota
    Di luar biaya penggunaan kendaraan, Share Car menetapkan biaya tambahan dan juga denda atas;
    1. Biaya Perpanjangan Pemesanan
      • Biaya perpanjangan pemesanan akan dikenakan sesuai dengan waktu pemesanan tambahan yang ditentukan oleh Anggota.
      • Denda akan dikenakan jika Anggota terlambat mengembalikan kendaraan, besarnya denda ditentukan oleh Share Car dan atau tertera dalam aplikasi.
    2. Pengembalian biaya (Refund)
      • Apabila terjadi hal yang memerlukan pengembalian biaya(refund) pada akun anggota, Share Car membutuhkan waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja untuk proses pengembalian biaya tersebut.
      • Pengembalian biaya bisa dalam bentuk voucher Share Car atau pengembalian saldo pada kartu kredit tergantung pada kasus kejadian.
    3. Biaya atas Kelalaian Mematuhi Aturan Penggunaan Share Car
      Share Car akan melakukan pengecekan laporan penilaian kendaraan dan dalam waktu maksimal 1x24 jam setelah pemesanan, Share Car akan mengeluarkan invoice tambahan jika ditemukan kasus berikut:
      • Merokok di dalam kendaraan.
      • Mengangkut hewan peliharaan di dalam kendaraan.
      • Mengembalikan kendaraan di akhir pemesanan Anda dengan tangki bahan bakar kurang dari seperempat (kartu bahan bakar telah disediakan Share Car di setiap kendaraan).
      • Kendaraan dalam keadaan yang terlalu kotor untuk anggota berikutnya, atau kotor di bagian dalam termasuk meninggalkan sampah di dalam kendaraan.
      • Menghilangkan kunci kendaraan (berlaku pada kendaraan yang belum menggunakan “push button”). Kunci kendaraan harus ditinggal dalam kendaraan di akhir penggunaan kendaraan.
      • Menghilangkan kartu BBM.
      • Menghilangkan kartu atau karcis parkir pada lokasi parkir Share Car.
      • Mengembalikan kendaraan ke lokasi yang salah. Kendaraan harus dikembalikan ke lokasi awal peminjaman yang terdaftar sebagai lokasi parkir Share Car.
      • Pelanggaran lalu lintas dan parkir yang menyebabkan kendaraan harus ditahan dan atau diderek, dan tidak bisa digunakan oleh Anggota lainnya.
      • Gagal melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit yang telah didaftarkan anggota pada aplikasi.
    4. Tabrakan atau Insiden Lainnya
      • Share Car menyediakan asuransi dengan plafon terbatas.
      • Jika Anggota terlibat dalam insiden/ kecelakaan yang disengaja/ tidak disengaja/ tanpa konsekuensi (termasuk namun tidak terbatas pada tabrakan atau penyalahgunaan kendaraan) Anggota akan langsung dikenakan denda perbaikan kerusakan ringan sebesar Rp 500.000,-. Pembayaran ini otomatis didebet dari kartu kredit Anggota. Sampai dengan biaya pembayaran biaya ganti rugi ini lunas, member tidak dapat menggunakan layanan sewa kendaraan Share Car. Biaya ganti rugi tambahan dapat dikenakan kepada member jika analisa lebih lanjut terhadap kerusakan kendaraan memutuskan bahwa kerusakan unit yang dinyatakan lebih parah daripada estimasi awal dengan kriteria biaya perbaikan sebagai berikut:
        1. Kerusakan ringan: mencakup namun tidak terbatas pada baret halus dan kendaraan tetap dapat beroperasi, dengan lama perbaikan bengkel 1-3 hari kerja dikenakan biaya Rp. 500.000,-. Biaya ini tidak akan ditagihkan kembali karena sudah langsung dipotong di awal.
        2. Kerusakan sedang: mencakup namun tidak terbatas pada baret dalam, dekok kecil, kendaraan tetap beroperasional dengan lama perbaikan bengkel 4-7 hari dikenakan biaya Rp. 1.000.000,- 
        3. Kerusakan berat: mencakup namun tidak terbatas pada dekok/baret besar dan kendaraan harus berhenti operasional dengan lama perbaikan 8-12 hari dikenakan biaya Rp. 2.000.000,-
        4. Kerusakan sangat berat dan/atau TLA (Total Lost Accident): mencakup namun tidak terbatas pada airbag terbuka, chassis bengkok, kendaraan tidak layak dikemudikan, kerusakan badan kendaraan hingga 20% dan kendaraan harus berhenti operasional dengan lama perbaikan diatas 12 hari dikenakan biaya Rp. 5.000.000,-
      • Anggota akan bertanggung jawab atas semua biaya penarikkan dan penyitaan yang terkait dengan tabrakan.
      • Anggota akan bertanggung jawab untuk semua biaya penarikkan dan penyitaan yang disebabkan oleh kelalaian anggota.
      • Anggota akan bertanggung jawab atas semua kerusakan dan biaya yang berlaku, termasuk yang melebihi dari Biaya Kerusakan yang berlaku, yang timbul dari kelalaian Anggota untuk mematuhi ketentuan Perjanjian dan / atau pelanggaran hukum.
  14. Pembayaran Denda
  • Pembayaran Denda oleh Anggota dilakukan dengan kartu kredit atau kartu debet atau bentuk pembayaran lainnya yang ditentukan oleh Share Car. Anggota berkewajiban untuk memastikan bahwa alat pembayaran, kartu kredit dan kartu debet tersebut memiliki dana atau kredit yang cukup untuk membayar biaya yang timbul dari penggunaan Share Car. Anggota bertanggung jawab penuh atas segala biaya atau biaya bank atau kartu kredit terkait. Anggota dapat dikenakan biaya pemrosesan untuk pembayaran kartu kredit atau kartu debit yang ditolak.
  • Keadaan yang dirujuk pada pasal sebelumnya dimana Share Car dapat mengajukan biaya denda terhadap anggota atas kerugian yang diderita Share Car yang timbul selama periode sewa anggota adalah kerusakan yang muncul sebagai akibat dari atau sehubungan dengan: (a) pelanggaran Anggota terhadap kontrak berlaku; (b) aktivitas melanggar hukum yang dilakukan Anggota; (c) insiden kecelakaan; (d) kesalahan laporan yang diberikan Anggota terkait laporan kecelakaan, klaim asuransi atau laporan polisi; (e) kerusakan yang disengaja; (f) penggunaan Share Car untuk aktivitas yang tidak patut (misal. pengangkutan bahan makanan, bahan yang mudah terbakar, obat-obatan terlarang, atau penggunaan kendaraan untuk tujuan komersial lain); (g) penggunaan Share Car untuk orang lain selain anggota.
  • Jika ada pembayaran yang masih belum terselesaikan, Share Car berhak untuk melarang Anggota melakukan pemesanan berikutnya sampai semua biaya terutang di akun Anggota telah dibayar penuh.
  • Anggota setuju untuk membayar biaya-biaya yang ditetapkan dalam Perjanjian, termasuk secara spesifik dan tanpa batasan yang tercantum dalam ketentuan ini. Biaya-biaya lain yang belum tercantum dalam perjanjian ini dan akan diberlakukan Share Car akan dikomunikasikan kepada Anggota.

Penghentian Perjanjian

  • Perjanjian ini akan berakhir jika Anggota melanggar salah satu kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini atau jika Anggota tidak lagi menjadi anggota Share Car.
  • Perjanjian ini akan terus berlaku selama Anggota masih terdaftar dalam Keanggotaan Share Car.
  • Pengakhiran Persetujuan ini tidak akan merugikan atau dengan cara apapun mempengaruhi hak dan wewenang Share Car berdasarkan persyaratan di sini sehubungan dengan pelanggaran yang dilakukan oleh Anggota.
  • Barang Tertinggal/Kehilangan
  • Pelaporan barang tertinggal melalui Call Center 1500 369, WhatsApp 0895 27169300 atau email info@sharecar.co.id.
  • Share Car tidak bertanggung jawab atas perawatan barang yang tertinggal atau rusak setelah perjalanan Anda selesai.
  • Share Car akan menyimpan barang yang tertinggal maksimal 14 hari terhitung dari tanggal pemesanan pelanggan.
  • Khusus untuk barang yang mudah rusak (seperti makanan/minuman) akan dibuang setelah lewat dari 24 jam.
  • Share Car hanya menyediakan layanan pengambilan barang dari hari Senin - Jumat sesuai jam operasional 09:00 – 16:00. Pelanggan wajib menunjukkan KTP, email & nomor HP yang terdaftar dalam aplikasi Share Car untuk proses pengambilan.
  • Share Car tidak menyediakan layanan pengiriman barang ke lokasi pelanggan.
  • Lain-lain
  • Pemberitahuan secara tertulis yang perlu dikirimkan ke anggota, akan dikirimkan ke alamat terakhir yang terdaftar di aplikasi.
  • Semua perselisihan, kontroversi atau perbedaan yang timbul dari atau sehubungan dengan Persetujuan ini akan diajukan ke Pusat Mediasi Indonesia untuk diselesaikan dengan mediasi sesuai dengan Prosedur Mediasi untuk sementara waktu. Para pihak setuju untuk berpartisipasi dalam mediasi dengan itikad baik dan berusaha mematuhi persyaratan penyelesaian apapun yang dicapai.
  • Share Car memiliki hak penuh untuk mengubah dan atau melengkapi persyaratan dalam Syarat dan Ketentuan ini setiap saat dan variasi, suplemen atau amandemen tersebut harus dianggap sebagai bagian dari syarat dan ketentuan di sini. Share Car dan Anggota akan terikat dalam peraturan ini.
  • Persetujuan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Indonesia.
  • Anggota setuju bahwa Share Car dapat mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan data pribadi Anggota untuk tujuan yang dinyatakan dalam kebijakan privasi.
TOP